Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Tidur dengan Kondisi Rambut Basah Bisa Sebabkan 7 Penyakit ini




Tahukah Anda jika kebiasaan yang kita anggap sepele justru berbahaya bagi kesehatan?

Salah satunya tidur saat kondisi rambut masih basah.

Ya, mungkin sebagian dari kita kerap tertidur kala rambut kita masih basah.


Meski sepele, siapa sangka tidur dengan rambut yang masih basah justru bisa sebabkan 7 penyakit ini lo!



1. Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan sakit kepala hebat karena kelembapan menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak.

Membungkus rambut dengan handuk dapat membuat masalah semakin buruk karena kelembapan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Hal ini mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan ketika ketegangan meningkat, menyebabkan rasa sakit yang dapat mengganggu tidur.


2. Kerusakan Rambut

Tidur dalam kondisi rambut basah juga dapat mengakibatkan kerusakan rambut seperti rontok, ketombe, dan rambut bercabang.

3. Infeksi Kulit

Rambut basah saat tidur meningkatkan risiko infeksi kulit karena mikroorganisme memiliki lingkungan yang ideal untuk bereproduksi.

Kehangatan tempat tidur kemudian menciptakan iklim yang sempurna bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh.

Akibatnya, iritasi dan bahkan infeksi jamur dapat muncul di kulit kepala dan kulit di sekitarnya.

4. Gatal dan Bengkak

Jamur yang tumbuh di kulit karena rambut basah dapat menyebabkan gatal dan peradangan yang tidak nyaman, bahkan setelah rambut kita kering.

5. Alergi dan Pilek

Perubahan suhu tubuh yang terjadi ketika tidur dengan rambut basah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kondisi seperti alergi dan pilek.

Kelembapan yang dipertahankan selama beberapa jam dapat menyebabkan mekanisme pertahanan kita melemah dan memungkinkan beberapa virus dan bakteri menyerang.

6. Rambut Berminyak

Tidur selama beberapa jam dengan rambut basah cenderung meningkatkan kelebihan lemak dan menghasilkan tekstur yang lengket.

Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami kelenjar sebaceous, yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH yang tidak seimbang di kulit kepala.

Ini juga akan menyebabkan kita bangun dalam kondisi rambut yang kusut. (*)



Editor: Mirna Tribun

Iklan Tengah Artikel 1

.