Pasien Positif Corona di Indonesia 96 Orang, 8 Sembuh dan 5 Meninggal


Angka pasien positif corona di Indonesia kini bertambah lagi menjadi 96. Hal ini diumumkan Juru Bicara Pemerintah RI untuk COVID-19 Achmad Yurianto Sabtu (14/3/2020).

Satu hari sebelumnya, atau Jumat (13/3), pemerintah menyatakan kasusnya di angka 69 orang. Artinya, ini menjadi lonjakan tertinggi sejak kasus ini muncul di Indonesia pada 2 Maret lalu.

 Ada penambahan kasus baru 27 pasien. Ini dari tracing yang dikerjakan masif," ujar Yurianto pada wartawan.




Salah satu kasus, bahkan melibatkan pejabat negara. Kasus-72 adalah menteri perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bukan hanya positif, lonjakan kematian akibat virus ini pun kian bertambah. Yurianto menyebut bila pasien yang meninggal dunia akibat virus corona menjadi 5 orang, bertambah 1 orang dari sehari sebelumnya.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh, kini sebanyak 8 orang. Mereka sudah dites dua kali dan hasilnya negatif.

"Kalau kita lihat sebarannya, sekarang melebar Jakarta, Jabar, dan di sekitar DKI termasuk di Bandung, Tangerang. Jateng kasus di Solo dan Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak dan tempat lain sedang tracing," ujar Yurianto.

Melihat penyebaran virus yang mulai masif ke banyak daerah, Yuri menyebut Pemerintah akan memutus rantai kontak antara pasien yang sudah positif corona dengan masyarakat sekitar.

"Strategi yang kita lakukan adalah peningkatan imunitas, kita tidak lagi kepada orang yang sakit, tapi kepada pada pencegahan kepada yang sehat, jangan sampai sakit," ujar Yurianto.

Atas dasar itu, Yurianto menegaskan pemerintah strategi pemerintah bukan mencari orang yang sakit di tempat-tempat publik secara acak.

"Bukan kemudian diartikan mencari orang yang sakit untuk diobati. Bukan itu. Strategi menjaga orang yang sehat jangan sampai sakit, harus diawali dengan memutus kontak," tegas Yurianto.

"Harus dilakukan kegiatan secara masif, terintegrasi, menggerakkan semua komponen yang ada di masyarakat ini, tanpa panik untuk mencari, menemukan dan mengisolasi kasus positif. Caranya beri informasi tracing."

Saat ini di dunia, total kasus corona mencapai 156.056. Total kematian 5.819 sedangkan yang sehat 74.459 orang.


sumber cnbcindonesia.com

Iklan Tengah Artikel 1

.