Jangan Keliru: Margarin vs Mentega/Butter, Inilah Perbedaan nya

Apakah kamu tahu perbedaan antara margarin dan mentega? Atau kamu menganggap bahwa dua produk ini adalah produk yang sama?

Meskipun penampilannya serupa, margarin dan mentega adalah dua produk yang berbeda. Simak perbedaan margarin dan mentega seperti yang kumparan (kumparan.com) kutip dari The Kitchn.




1. Warna

Cara yang mudah untuk membedakan margarin dan mentega adalah melalui warnanya. Margarin mempunyai warna kuning yang lebih pekat sedangkan mentega mempunyai warna yang lebih pucat.

2. Aroma

Jika dihirup, mentega lebih mengeluarkan aroma harum yang lebih menyengat dibandingkan margarin. Apabila sebuah adonan kue menggunakan mentega, maka wangi harum mentega akan keluar dari kue yang selesai dipanggang. Sedangkan aroma dari margarin tidak begitu keluar.

3. Bahan Pembuatannya

Perbedaan lain adalah kandungan dari dua produk ini berbeda. Mentega terbuat dari susu atau krim. Proses pembuatannya adalah dengan cara memisahkan lemak susu dari buttermilk. Mentega yang paling sering kita gunakan adalah mentega yang terbuat dari susu sapi, dan juga terdapat mentega yang terbuat dari susu domba, kambing atau kerbau.

Sedangkan margarin adalah produk yang tidak terbuat dari susu melainkan dari nabati. Awalnya pada tahun 1800an, margarin sebagai pengganti mentega dibuat dari lemak hewani namun kini margarin dibuat dari bahan-bahan seperti minyak sayur, air, garam, emulsifier. Beberapa produk margarin masih menggunakan susu sebagai salah satu bahan utamanya.

4. Kandungan Kolestrol

Karena terbuat dari lemak hewani, kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada mentega lebih tinggi daripada margarin. Namun, untuk produk mentega oles memiliki kalori dan lemak yang lebih rendah. Mentega yang biasa dijual secara komersil di Amerika mengandung sekitar 80% lemak. Dan yang yang membuatnya makin berbeda dengan margarin adalah, mentega bisa dibuat sendiri di rumah sedangkan margarin harus diolah di pabrik.

Iklan Tengah Artikel 1

.