Tips Mudah Mengatasi Depresi

Tips Mudah Mengatasi DepresiSetiap orang pasti pernah mengalami yang namanya pasang surut dalam suasana hati, kadang merasa bergairah namun kadang  lesu di hari berikutnya. Hal ini Seringkali timbul oleh hal-hal yang tak jelas, dan akan segera berlalu. Depresi berat juga bisa dicirikan oleh perasaan yang tidak berguna dan bersalah, dan sering disertai gejala fisik seperti susut berat badan dan sakit kepala. Dan Kadang-kadang disebabkan oleh beberapa peristiwa besar seperti perceraian atau kehilangan pekerjaan. Depresi juga dapat terjadi karena adanya gangguan fisik. Namun ada orang yang cenderung terserang depresi secara  berulang-ulang tanpa adanya sebab yang jelas. Juga ada masa dimana kita mudah terkena depresi, umpamanya di masa puber, usai melahirkan, usia setengah baya atau masa pensiun.
Tips Mengatasi Depresi
Tips Mudah Mengatasi Depresi
Psikoterapi

Cara mengatasi depresi bisa dengan psikoterapi. Psikoterapi adalah pengobatan psikologis oleh seorang terapis yang mendorong untuk membicarakan semua perasaan dan kecemasan anda, dan dapat memberikan bantuan dan nasehat kompeten. Proses ini bisa dimulai dengan membicarakan semua kesulitan anda dengan dokter anda sendiri, sampai ke suatu psikoanalisis yang lebih luas dengan seorang spesialis. Bentuk-bentuk umum psikoterapi dijelaskan dibawah ini :
  • Terapi Kelompok
    Ini melibatkan serangkaian acara, dimana si terapis memandu diskusi antara sekelompok orang mengenai suatu persoalan yang bersifat umum. Keuntungan terapi kelomppok ini adalah semua anggota kelompok memperoleh  kekuatan karena mengetahui bahwa orang lain juga mempunyai persoalan yang sama dan mereka dapat saling belajar dari pengalaman masing-masing. Kelompok juga berperan dalam mengembangkan sikap pribadi yang lebih sehat dan menjaga agar sikap ini terus berlanjut.
  • Terapi Tingkah Laku
    Biasanya digunakan untuk pengobatan phobia khusus, seperti takut terbang atau takut anjing atau laba-laba. Salah satu bentuk terapi tingkah laku adalah desensitisasi, dimana si penderita dibantu terapis untuk mengatasi ketakutannya sedikit demi sedikit. Umpamanya dalam kasus takut terbang. Si terapis mendorong anda untuk membayangkan saat-saat sebelum suatu penerbangan, naik kereta api ke bandara, menunggu di terminal, berjalan melalui pemeriksaan paspor, naik tangga pesawat dan akhirnya duduk di pesawat sementara pesawat itu lepas landas dan mendarat. Kelak bila anda betul-betul terbang, anda tinggal membayangkan kembali suasana saat terapi sehingga tidak lagi mersa takut.
Suatu cara lain disebut flooding, berbentuk menghadapkan langsung si penderita dengan pengawasan terapis, pada obyek ketakutan dalam bentuk yang ekstrim. Misalnya mendatangi kandang seekor anjing sebagai pengobatan ketakutan pada anjing. Mengalami langsung hal terburuk anda bahwa bahaya yang dicemaskan itu sesungguhnya hanya dibesar-besarkan. Kedua metode itu hanya boleh diterapkan dibawah bimbingan seorang terapis yang terlatih.
  • Psikoanalisis
    Bentuk psikoterapi ini, yang menganggap bahwa banyak perilaku manusia yang terbentuk dari konflik-konflik di masa kecil, berkembang pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Psikoanalisis melibatkan serangkaian pertemuan dengan seorang psikoanalisis, dimana anda didorong untuk berbicara semau anda. Sesekali si psikoanalisis akan bertanya untuk menuntun arah pikiran anda. Dengan mendengarkan apa yang anda ungkapkan , pikiran maupun perasaan anda, dia akan bisa menemukan akar masalah problem anda, kemudian dengan diskiusi, si analisis membuat anda dapat memahami lebih baik keadaan diri sendiri. Ini semua akan menolong anda dalam mengatasi semua konflik batin yang anda alami.

No comments:

Post a Comment