7 Manfaat Temulawak Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak. Mengetahui lebih dalam manfaat temulawak terutama untuk kesehatan karena banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh supaya semua system yang jalan tetaplah stabil.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Negara kelahiran tanaman ini yaitu Indonesia, semakin khusus di Pulau Jawa, kemudian mulai mengelilingi semua negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, serta Filipina. Seringkali juga rimpang temulawak tumbuh di China, Indochina, India, Jepang, Barbados, Korea, Amerika Serikat serta sebagian negara Eropa. 

Manfaat temulawak atau orang Sunda menyebutnya koneng gede tidak lain cuma untuk bumbu dapur. Tanaman ini berkerabat dengan jahe (Baca : Manfaat Jahe) lantaran keduanya sama tumbuhan terna yang berupa rimpang. Tempat tumbuh tanaman ini dapat pada dataran rendah meraih ketinggian 1500 meer diatas permukaan laut serta menyesuaikan di rimba tropis. Sesaat susunan tanah yang gembur yaitu tempat di mana rimpan temulawak bisa tumbuh subur.

Khasiat Temulawak


Bila Anda menginginkan menjelajah lebih jauh tentang tanaman ini, banyak masyarakat kerajaan yang memakai temulawak sebagai jamu serta obat. Rimpang temu lawak mempunyai karakter farmakologi seperti menghindar penyakit hati (hepatoprotektor), menghindar peradangan (anti inflamasi), turunkan jumlah cholesterol berlebihan, pencahar (laxative), peluruh kencing (diuretik), serta pereda nyeri pada sendi. 

Khasiat lain dari segenggam rimpang temulawak yakni tingkatkan nafsu makan (begitu pas untuk anak berumur 7 th. ke atas), melakukan perbaikan produksi ASI pada ibu menyusui, serta bersihkan kotoran yang turut mengalir dalam darah. Lantaran menaruh karbohidrat komplek, pati temulawak kerap di proses jadi bubur bergizi yang didapatkan untuk bayi serta beberapa orang yang alami masalah pencernaan. 

Diluar itu, didalam temulawak ada linelool, geraniol, yang disebut hasil produksi dari minyak atsiri kelompok fenol yang mempunyai daya repellan pada nyamuk Aedes aegypti, hingga toksin itu bisa dipakai untuk mengusir nyamuk yang mengganggu jam tidur Anda.

Manfaat Temulwak

Manfaat Temulawak
Manfaat Temulawak

Khasiat serta manfaat temulawak di bawah ini pasti tak terlepas dari kekuatan zat seperti pati, protein, abu, serat, kerkumin, minyak atsiri, phelandren, kamfer, turmoerol, borneol, sineal, serta xanthorrizol yang ada di dalamnya.

1). Penghancur batu empedu

Kolagoga adalah zat yang juga tersimpan dalam tanaman ini, satu diantara manfaatnya sebagai obat peluruh atau penghancur batu empedu. Aspek pencetusnya yaitu hiperkolesterolemia, penyumbatan serta radang pada saluran empedu.

Pasien disarankan lakukan penyembuhan dari tumbuhan yang memiliki kandungan zat kolagoga ini dibarengi dengan melakukan diet cholesterol tingkat lanjut sepanjang 3 atau 4 bln. sesudah batu empedu hancur atau larut.

2). Perangsang nafsu makan

Tak terkondisikannya nafsu makan bisa memancing beragam penyakit. Untuk kembalikan nafsu makan dibutuhkan langkah yang sangkanya bisa merangsang atau melakukan perbaikan hasrat makan.

Temulawak memiliki kandungan karakter karminativum yang mana dengan cara pra klinis ataupun klinis memiliki kekuatan dalam soal tingkatkan nafsu makan. Sesaat langkah penggunaan tersebut bisa Anda saksikan dari tips tersebut.
  • Sediakan 25 gr rimpang temulawak, 10 gr asam jawa serta sedikit gula merah. 
  • Rebus kedalam 600 cc air hingga air tersisa 300 cc, paling akhir saring serta minum hingga habis.


3). Memelihara saluran cerna

Dari hasil uji dengan cara pra klinik diketemukan ada serbuk rimpang yang memiliki fungsi didalam cairan lambung hingga memberi dampak positif pada usus halus, yakni kurangi kontraksi yang berlangsung dan menolong sistem metabolisme tubuh.

Langkah pemakaian dapat Anda ikuti sebagai berikut : 
  • Siapkan 8 gr koneng gede fresh. 
  • Rebus di air yang cukup bersuhu 90 derajat sepanjang 15 menit. 
  • Tuangkan air rebusan sambil disaring kedalam gelas. 
  • Minum ramuan itu 2 - 3 kali dalam satu hari di sela jam makan.


4). Mengatasi radang sendi

Temulawak berbentuk anti-inflamasi karena kandungan kurkumin yang tertanam di dalamnya. Jumlah zat kimia itu setara dengan 100 mg fenilbutazon, yakni zat yang umum dipakai untuk kurangi nyeri serta radang sendi.

Mekanismenya yakni lewat penghalangan migrasi yang dikerjakan beberapa sel leukosit ke daerah radang atau lewat penghalangan pembentukan dan transportasi mediator radang yang bernama prostagladin. Berlangsungnya sistem itu dengan cara klinis diketemukan ada perbaikan pada pasien radang sendi.

5). Menurunkan lemak dalam darah

Komponen yang diprediksikan memiliki peran untuk turunkan lemak dalam darah dari tanaman rimpang ini yaitu kurkuminoid. Selain itu beberapa peneliti juga temukan kekuatan dari ekstrak temulawak serta fraksi kurkuminoidnya dalam turunkan cholesterol jahat, trigliserida serta tingkatkan kandungan kolesterol baik.

6). Memelihara keadaan kesehatan

Zat berbentuk kurkumin bermanfaat sebagai anti-oksidan yang memiliki kekuatan dalam mencegah radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, dan menepis radikal hidroksil yang menolong memelihara keadaan kesehatan tubuh.

Anda dapat minum air rebusan ekstrak temulawak kering satu hari 3 kali dengan ukuran setiap minum sejumlah 250 - 500 mg.

7). Menyembuhkan jerawat

Belum di ketahui dengan cara tentu kalau temulawak berperan dalam membunuh bakteri penyebabnya jerawat maupun hal-hal lain. Namun khasiatnya untuk menyembuhkan jerawat sudah banyak menolong sebagia orang.

Bila Anda tertarik silakan saksikan resep tersebut : 
  1. Bersihkan rimpang temulawak dengan ukuran 1 jari, lalu irislah sekedarnya. 
  2. Rebus semuanya irisan dalam 4 gelas air putih masak hingga mendidih. 
  3. Tunggulah sampai air tersisa 2 gelas, lalu tunggulah dingin, saring serta berikan madu kedalam larutan. 
  4. Paling akhir, minum air rebusan itu dengan teratur 2 kali satu hari, semasing 1 gelas hingga jerawat hilang.


Manfaat temulawak yang paling akhir dapat jadi alternatif herbal yang jauh tambah baik serta tanpa ada resikonya, selain itu lihat sisi finansial pasti bikin Anda lebih berhemat daripada beli obat jerawat dengan harga selangit.

No comments:

Post a Comment