Manfaat Kangkung dan Kandungan Gizi

Manfaat Kangkung dan Kandungan Gizi. Kangkung adalah satu diantara jenis sayuran yang begitu popular di Indonesia. Tetapi, sayuran yang kerap jadikan tumis ini nyatanya datang dari India. Berdasar pada tempat tumbuhnya, kangkung dibagi jadi dua jenis, yakni kangung air (lpomoea aquatica sp.) dan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir). 

Ketidaksamaannya ada pada batang dan bentuk daun. Kangkung air mempunyai batang yang merambat seperti ubi jalar dengan daun yang pendek dan tumpul. Sedang kangkung darat mempunyai batang tegak dengan ujung daun agak memanjang dan runcing. 

Walau saat ini sudah banyak dibudidayakan, terlebih untuk jenis kangkung darat, tetapi pada intinya kangkung adalah tanaman liar. 

Suka pada tempat berair, daratan kering maupun berlumpur, dengan memperoleh kecukupan cahaya matahari. 

Sayuran ini lazimnya ditumis demikian saja, atau di buat menu yang saat ini cukup populer : kangkung hotplate. Sesudah dicuci bersih, kangkung di taruh demikian saja di hotplate (piringan besi panas) yang telah di beri saus sapi atau saus seafood panas. 

Dalam waktu relatif cepat, kangkung juga masak. Rasa-rasanya, hmmm enak! Diluar itu, ada pula yang memakai kangkung sebagai lalapan untuk rekan makan sambal.
Manfaat Kangkung dan Kandungan Gizi
Manfaat Kangkung dan Kandungan Gizi

Kandungan Gizi Kangkung

Kandungan vitamin A pada kangkung begitu tinggi, meraih 6. 300 IU. Berbentuk anti-oksidan hingga bisa mencegah radikal bebas penyebabnya kanker dan penuaan awal. 

Diluar itu, kangkung juga tinggi kandungan seratnya dan memiliki kandungan fosfor, zat besi, hentriakontan, dan sitosterol. Karena kandungan yang dipunyai, kangkung punya potensi sebagai antiracun, antiradang, penenang (sedatif) dan diuretik. 

Kandungan gizi dalam 100 gr kangkung :
  • Energi 29 kal
  • Protein 3 g
  • Lemak 0,3 g
  • Karbohidrat 5,4 g
  • Serat 1,0 g
  • Kalsium 73 mg
  • Fosfor 50 mg
  • Besi 2,5 mg
  • Vitamin A 6.300 IU
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Vitamin C 32 mg
  • Air 89,7 g

Dikarenakan kangkung kerap ditanam di tepian sungai dan parit, sebaiknya dicuci bersih sebelumnya dipakai. Apabila tak segera dimasak, simpanlah kangkung dalam wadah tertutup lantas taruh di almari pendingin supaya semuanya vitamin dan zat gizinya dapat tetaplah dipertahankan.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Mengatasi Sembelit 

Waktu memasak, ambillah daun dan batangnya yang masihlah muda dan memiliki kandungan serat kasar tinggi. Dapat untuk menangani sembelit dengan kata lain sulit buang air besar. 

Mengatasi Insomnia 

Menurut ahli kesehatan dari Filipina, Herminia de Guzman Ladion, berbekal kandungan vitamin seperti A, B, dan C, plus mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi, kangkung memiliki dampak menentramkan susunan saraf hingga pengasupnya terasa enjoy dan enak tidur. Dapat dipakai untuk menangani insomnia. 

Kesehatan Ginjal 

Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung memperlancar buang air kecil hingga baik untuk kesehatan ginjal. 

Mencegah Anemia 

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam kangkung membuatnya begitu baik bila dikonsumsi oleh orang yang alami anemia. Seperti yang kita ketahui, zat besi adalah mineral utama untuk pembentukan sel darah merah. 

Mengurangi Nyeri Haid 

Untuk ibu ibu maupun ladies yang umum alami nyeri waktu haid, dapat memakai kangkung untuk mengatasinya. Terkecuali untuk sayur nyatanya Kangkung dapat juga kurangi rasa nyeri tidak tertahankan ketika haid. Langkahnya tumbuk daun kangkung lantas berikan air hangat, lalu saring dan berikan madu supaya ada rasa manis waktu meminumnya.

Nah, tersebut keterangan tentang kandungan nutrisi dan manfaat kangkung untuk kesehatan. Jadi, untuk anda yang alami sulit tidur atau sulit buang air besar, silakan mengkonsumsi kangkung. dapat jadikan sebagai lalapan maupun ditumis.

No comments:

Post a Comment