08 Manfaat Kacang Kedelai dan Kandungan Gizi

Manfaat Kacang Kedelai. Kacang kedelai mempunyai nama Latin Glycine max dan termasuk juga dalam keluarga Leguminosae atau kacang-kacangan. Terkecuali kerap jadikan makanan ringan, kedelai juga umum di proses bahan makanan lain seperti tempe, tahu, susu kedelai, taoge, tauco, kembang tahu, oncom, kecap, dsb. 

Sedikit yang tahu, kalau terkecuali enak, kedelai juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Terkecuali sumber serat yang baik, kacang kedelai juga adalah sumber protein nabati dan lesitin juga sumber vitamin A, B kompleks, dan E, dan kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi.
Manfaat Kacang Kedelai
Manfaat Kacang Kedelai dan Kandungan Gizi

Manfaat Kacang Kedelai

Karena kandungan gizinya yang banyak, kacang kedelai begitu berguna untuk kesehatan. Di bawah ini sebagian manfaat kacang kedelai seperti ditulis Livestrong : 

1). Menghindar Kanker 

Di orang-orang Jepang yang sukai konsumsi kedelai, insiden kanker tidak sering berlangsung. Nyatanya karena kedelai memiliki kandungan fitoestrogen, zat yang serupa hormon estrogen, serta isoflavon yang anti-oksidan. Type kanker yang bisa dihindari diantaranya payudara, saluran telur, indung telur, dan prostat. 

2). Menghindar Osteoporosis 

Fitoestrogennya dapat menghindar osteoporosis. Belum lagi ekstra kalsium dalam tahu yang di buat dengan kalsium klorida, proteinnya juga turut kurangi pengeluaran kalsium melalui urin. 

3). Menyembuhkan Anemia 

Tempe yang alami fermentasi tingkatkan kesibukan vitamin B12 yang bertindak dalam pembentukan beberapa sel darah merah. 

4). Baik untuk Pasien Diabetes 

Nilai serat, vitamin B kompleks, dan kandungan asam aminonya bikin tempe sumber protein prima untuk pasien diabetes. Seratnya turut mengatur kandungan gula darah. 

5). Memperlancar Pencernaan 

Kedelai yang kaya dan menolong kontraksi otot usus hingga menghindar sembelit. Kandungan zat antibakterinya menghindar diare. 

6). Anti-Penuaan Dini 

Sifatnya yang anti-oksidan, apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup dan teratur bisa menolong menghindar penuaan awal. 


7). Turunkan Kolesterol 

Beberapa zat dalam tempe yang dapat menolong turunkan lemak darah yaitu protein, PUFA, serat, niasin, vitamin E, karetenoid, isoflavon, dan kalsium. Konsumsi tempe dalam jumlah spesifik dengan teratur, bisa turunkan cholesterol keseluruhan dan LDL. 

8). Manfaat lainnya 

Kandungan magnesiumnya berperan menolong mengatur desakan darah, fosfornya utama untuk pembentukan tulang dan gigi.

Kandungan Gizi dalam 100gram Kacang Kedelai
  • Energi 286 kal
  • Protein 30,2 g
  • Lemak 15,6 g
  • Karbohidrat 30,1 g
  • Serat 4,9 g
  • Kalsium 196 mg
  • Fosfor (506) mg
  • Zat Besi 6,9 mg
  • Vitamin A 95 IU
  • Vitamin B1 0,93 mg
  • Vitamin C -
  • Air 20 g

Catatan : 
Kacang kedelai yang memiliki kandungan purin tengah (50 - 100 mg)/100 g sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah bebrapa tengah saja lantaran bisa menyebabkan asam urat.

No comments:

Post a Comment