4 Manfaat Kacang Hijau dan 5 Kandungan Nutrisi

Manfaat Kacang Hijau. Kacang hijau mempunyai nama latin Vigna radiata dan termasuk juga kedalam famili Fabaceae. Kacang hijau masihlah bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan kacang kedelai. Di Indonesia, kacang hijau umum dikonsumsi dan di proses jadi bubur. Maka dari itu di kenal dengan nama bubur kacang ijo, yang berisi adalah kombinasi pada kacang hijau, santan dan gula dan beras ketan hitam. 

Kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang mengagumkan. Bahkan juga di kenal sebagai makanannya beberapa tentara supaya keperluan nutrisinya tercukupi, fisiknya kuat dan otaknya cerdas. Oke di bawah ini adalah keterangan tentang kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan.
Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Kacang Hijau

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Sebagai satu diantara sumber makanan yang baik untuk kesehatan, kacang hijau memiliki kandungan beragam nutrisi utama yang diperlukan badan. 

1). Kaya Vitamin 

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0, 2 mg/100 gr. Bukan sekedar itu, kacang hijau juga diperlengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, dan niasin, yang bermanfaat menolong manfaat metabolisme dan organ badan. 

2). Sumber Mineral 

Kacang hijau kaya mineral. Dalam 100 gr kacang hijau ada potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0, 3 mg), zat besi (1, 4 mg), zinc (0, 8 mg), selenium (2, 5 µg). 

3). Kaya Protein 

Kacang hijau dapat jadi sumber protein alternatif untuk beberapa vegetarian. Kandungan protein dalam tiap-tiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau mempunyai profil asam amino komplit dan bisa diserap badan lebih cepat. Protein bermanfaat dalam menolong pembentukan beberapa sel otot, mempercepat pemulihan, tingkatkan ketahanan badan, dan menolong Anda kenyang lebih lama. 

4). Kaya Serat 

Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7, 6 gr serat. Jumlah ini bisa penuhi keperluan serat harian sebesar 30 %. Serat berguna dalam melindungi manfaat saluran cerna, menghindar sembelit, dan menolong turunkan cholesterol. 

5). Kaya Omega-3 

Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0, 9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita kenali kalau asam lemak esensial ini bermanfaat untuk turunkan cholesterol dan melindungi kesehatan jantung.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi komplit yang terdapat dalam kacang hijau, jadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan, diantaranya : 

1). Menunjang Penyerapan Nutrisi 

Riset mengungkap kalau kekurangan vitamin B1 mengakibatkan metabolisme melambat hingga sistem penyerapan nutrisi dari makanan tak jalan optimal. Kandungan vitmin B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau bisa melakukan perbaikan keadaan ini dengan tingkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme badan. 

2). Mencegah Penyakit Jantung 

Kacang hijau memiliki kandungan serat tinggi yang berperan bersihkan saluran pencernaan, tingkatkan gerak peristaltik usus hingga kurangi saat kotoran menumpuk didalam usus, serat juga bertindak dalam turunkan kandungan cholesterol jahat pada badan, hingga efisien untuk menghindar penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. 

3). Mencegah Anemia 

Diperkaya dengan zinc dan zat besi jadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk menangani anemia, menolong keseimbangan hormon dan system kelenjar, dan melindungi metabolisme badan. 

4). Membantu Pertumbuhan 

Kacang hijau memiliki kandungan protein komplit yang menolong perkembangan dan pembentukan beberapa sel badan, yakni beberapa sel organ, otot, dan otak. 

Hmmh, mengingat demikian banyak kandungan nutrisi dalam kacang hijau dan khasiatnya untuk kesehatan, tak salah apabila anda memasukkan kacang hijau dalam menu harian anda. Bila anda bingung langkah mengolahnya, saat ini telah banyak minuman kesehatan yang terbuat dari sari kacang hijau.

No comments:

Post a Comment