Ketahui 11 Kandungan Nutrisi Tempe dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Tempe. Tempe adalah makanan istimewa yang kerap dilihat mata sebelah. 

Hal semacam ini karena tak beberapa orang yang tahu tentang kelebihan tempe. 

Walau sebenarnya dalam tempe ada sangat banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Nah, di artikel ini saya bakal mengulas tentang kandungan nutrisi dan manfaat tempe untuk kesehatan.
Kandungan Nutrisi Tempe
Kandungan Nutrisi Tempe dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Tempe

Tempe di buat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. 

Menurut riset paling baru, kandungan gizi tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yang ada pada yogurt. Tempe adalah sumber protein nabati. 

Memiliki kandungan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan anti-oksidan di dalamnya bisa mengobati infeksi dan menghindar penyakit degeneratif. 

Dalam 100 gr tempe memiliki kandungan protein 20, 8 gr, lemak 8, 8 gr, serat 1, 4 gr, kalsium 155 miligram, fosfor 326 miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0, 19 miligram, karoten 34 mikrogram.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan 

Nah, sesudah Anda tahu apa sajakah kandungan nutrisi yang ada pada tempe jadi Anda juga butuh untuk tahu apa sajakah manfaat tempe untuk kesehatan badan. Di bawah ini sebagian manfaat tempe.

1). Sumber Protein 

Tempe adalah sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitaran 18 type protein dan asam amino yang gampang diolah badan. 

Begitu pas buat mereka yang melakukan diet dan weight loss seperti beberapa atlet binaraga dan fitness mania. 

2). Turunkan Resiko Serangan Jantung 

Menetralisir dampak negatif cholesterol jahat lantaran banyak terkandung lemak tidak jemu majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6 hingga bisa turunkan kemungkinan serangan jantung (koroner). 

3). Sumber Vitamin 

Sumber vitamin (terlebih vitamin B) yang begitu berguna untuk metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), tingkatkan kekebalan dan manfaat system syaraf, tingkatkan hormon perkembangan, dan menghindar anemia dan kanker pankeras. 

4). Mencegah Radikal Bebas 

Sebagai penangkal radikal bebas menghindar beragam penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, dan sebagainya) dan beragam type kanker (pankreas, prostat dan payudara) sekalian menghindar penuaan awal lantaran memiliki kandungan anti-oksidan kuat (3 type isoflavon). 

5). Menghindar Anemia 

Konsumsi tempe bisa menghindar anemia lantaran kandungan beragam mineral yang tinggi dan gampang diserap darah sekalian menghindar osteoporosis. 

6). Menghindar Diare dan Kolera 

Sebagai zat antibiotik dan antibakteri pencegah infeksi bakteri E. coli penyebabnya diare dan kolera. 

7). Serat Pangan 

Memiliki kandungan serat tinggi hingga berperan mengatur kandungan gula darah hingga pas untuk pasien diabetes. 

8). Menangani Keracunan 

Sebagai zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat (sianida) lantaran memiliki kandungan ion-ion positif seperti pada putih telur dan susu. 

9). Hipokolesterolemik 

Tempe berbentuk Hipokolesterolemik, turunkan lipid atau lemak dalam darah. 

10). Menghindar Perut Kembung 

Menghindar munculnya tanda-tanda flatulensi (kembung perut) lantaran dapat turunkan kandungan raffinosa dan stakiosa. 

11). Baik untuk Semuanya Usia 

Gampang diolah oleh semuanya grup usia, dari bayi hingga lanjut usia. Enzim pencernaan juga bakal dibuat oleh Rhizopus oligosporus (kapang tempe) sepanjang sistem fermentasi berjalan, tersebut yang bikin tempe tambah nyaman di lambung.

Catatan : 
Butuh di perhatikan, supaya semuanya nutrisi tempe bisa berguna dan bermanfaat untuk badan, jadi masaklah tempe lewat cara di rebus, dibacem, disemur atau sebagai kombinasi sayur sup. 

Bila tempe dimasak dengan digoreng jadi bakal menyingkirkan beragam kandungan nutrisi berguna dan bermanfaat di atas.

1 comment: